Menu Tutup

BPK Perwakilan Jawa Timur Gelar Entry Meeting Pemeriksaan LKPD 2021

Memasuki Tahun Anggaran 2022, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur melakukan kegiatan Entry Meeting Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Pacitan Tahun 2021, yang dilakukan di Ruang Krida Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan, pada Kamis (3/2).

Entry meeting tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji didampingi oleh Sekretaris Daerah Heru Wiwoho Supadi Putra, Inspektur Daerah Mahmud, Kepala Badan Keuangan Daerah Daryono, Kepala Bappeda Heru Sukresno, dan Asisten III Bambang Supriyoko dan dihadiri beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Entry meeting adalah salah satu tahap penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan kelancaran pelaksanaan pemeriksaan. Entry meeting merupakan bentuk komunikasi pemeriksaan, yang bertujuan untuk menjalin komunikasi awal antara tim pemeriksa dengan entitas yang diperiksa serta mewujudkan kesamaan persepsi terhadap pelaksanaan pemeriksaan. Pemeriksaan pengelolaan keuangan ini didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP), kemudian kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Bupati Indrata menyambut baik kedatangan BPK Jawa Timur dan berharap pemeriksaan kali ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk Pemkab Pacitan di tahun-tahun selanjutnya. Tentunya, Pemerintah Kabupaten Pacitan juga diharapkan dapat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 11 kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *