Inspektorat Lakukan Pemeriksaan Desa di Kabupaten Pacitan

Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) tahun anggaran 2021 Inspektorat Kabupaten Pacitan salah satunya adalah Pemeriksaan Pemerintahan Desa. Pada Bulan Maret 2021, sebanyak 16 desa di Kabupaten Pacitan telah selesai diperiksa oleh APIP Inspektorat.

Adapun audit yang dilakukan diantaranya adalah audit ketaatan, monitoring dan evaluasi (monev), serta pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah desa terkait penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), serta Alokasi Dana Desa dan Dana Desa tahun 2020. Tujuan audit ini untuk memastikan tata kelola keuangan desa sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Pengawasan    Dana   Desa   diarahkan     untuk    mencegah terjadinya   penyimpangan   pengelolaan  dana   desa,   sehingga  APIP harus   merancang   program  pengawasan   Dana  Desa  yang  mampu bertindak   sebagai  pencegahan  (preventive action)  bukan  tindakan represif  atau    APIP berfungsi  sebagai  early   warning   system. APIP harus     mampu    melakukan    asistensi/pendampingan    pengelolaan Dana Desa, sehingga kegamangan/ketakutan perangkat desa untuk membelanjakan   dana desa   tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *