Menu Close

Telaah Sejawat Inspektorat Kabupaten Tulungagung

Bertempat di Ruang Rapat Inspektorat Daerah Kabupaten Pacitan, pada Hari Selasa, 8 Pebruari hingga Rabu, 9 Pebruari 2022, dilaksanakan kegiatan Telaah Sejawat APIP oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Tulungagung. Inspektur Kabupaten Tulungagung Tranggono Dibjoharsono hadir bersama Sekretaris Sugiono, Inspektur Pembantu I Edi Widianto, beserta 5 auditor sebagai Tim Penelaah.

Kegiatan dibuka oleh Inspektur Kabupaten Pacitan. Beliau menyambut baik dan mendorong kepada APIP yang ditelaah maupun Tim Penelaah untuk melaksanakan penelaahan dengan sebaik-baiknya.
Dalam kegiatan ini, fokus pembahasan yaitu perbaikan dan peningkatan kualitas pengawasan intern serta peningkatan kapabilitas APIP.

Telaah sejawat adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan antar Inspektorat satu dengan lainya. Mengacu kepada Pedoman Telaah Sejawat yang diterbitkan oleh Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI), Telaah Sejawat merupakan salah satu upaya yang ditempuh dalam penjaminan dan pengembangan mutu Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang dilaksanakan oleh APIP lainnya dengan tujuan antara lain :
1. Menjadi benchmarking bagi APIP lainnya.
2. Mengetahui tingkat kesesuaian aktivitasnya dengan standar yang berlaku.
3. Menjamin bahwa aktivitas APIP mengikuti praktik yang sesuai dengan standar AAIPI.
4. Sebagai bukti kepada Pemangku Kepentingan tentang kualitas APIP.

Telaah sejawat dimaksudkan juga memberikan saran perbaikan kinerja APIP agar dapat memberikan nilai tambah kepada organisasi, dengan menjamin bahwa audit telah dilaksanakan oleh auditor yang berkompeten dan dilengkapi dengan pedoman kerja yang memadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.